Manajemen Pemasaran : Studi Kasus Coca Cola Company



1.      Keunggulan dan Kekuatan Coca-Cola Company di Indonesia. Apakah Keunggulan bersaing yang ditawarkan Produk Coca-cola menurut Five Force of Competition?

Jawab  :
Berikut adalah analisis teori Porter pada PT Coca – Cola Bottling Indonesia.
Aspek Pembeli
Pembeli ( Konsumen ) dari produk Coca – Cola mencakup segala usia dari anak kecil, remaja, dan orang dewasa. Yang hampir di konsumsi oleh segala usia dan Produk Coca Cola dapat dinikmati di seluruh dunia.

Manajemen Strategi Perusahaan :
·      Pelayanan yang Baik supaya para Pembeli tidak berpaling pada produk yang lain
·      Produk yang berkualitas dengan Harga yang Rendah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan
·      Promosi
·      Pemberian Hadiah / Mengadakan Kompetisi.
Aspek Pemasok
Setiap proses produksi sebuah perusahaan memerlukan sebuah input yang berupa bahan baku, tenaga kerja yang dipasok oleh para Suppliers. oleh karena itu para perusahaan harus mempunyai relasi yang baik pada para suppliers supaya bahan baku dapat tercukupi tepat waktu dan sistem pembayaran yang lebih fleksibel.
Manajemen Strategi Perusahaan:
·      Perusahaan harus mempunyai hubungan yang baik pada para relasi
·      Perusahaan harus tepat waktu dalam waktu pembayran kepada para suppliers
Barang Pengganti (subtitusi)
barang subsitusi dari Produk Coca Cola adalah
·      AQua
·      Es Tee
·      Teh Botol Sosro
·      Mizone
·      Ultra Milk
·      Dan Lain – Lain
Manajemen Strategi untuk barang pengganti atau subtitusi
·      Perusahaan harus Meyakinkan kepada pelanggan bahwa produk Coca – Cola tetap minuman bersoda no 1 di dunia
·      dan perusahaan mempertahankan kualitas produk supaya para pelanggan tidak berpaling ke produk yang lain

Pendatang Baru ( New Entry )
Pendatang baru pada minuman Coca – Cola adalah seperti Mizone, Pocari Sweet, dan lain sebagainya,
Manajemen Strateginya adalah :
·      Maka sebaiknya suatau perusahaan harus menerapkan strategi Portee yaitu, Diferensiasi
·      Harga Yang murah dari produk pendatang baru tersebut.
·      Loyalitas Perusahaan Kepada para konsumen

Kompetitor

Kompetitor dari produk Coca – Cola adalah
·      7up
·      Mirinda
·      Pepsi
·      Dan Lin – lain.
Manajemen Strategi:
·      Harga Yang terjangkau
·      Kualitas yang lebih baik lagi
·      Inovasi Produk
·      Fokus pada satu

Key Perform Index
Strategi Bisnis Unit
Key Performance Indikator
Ukuran
Base Line
Sasaran
Realita
Pencapaian %
Skor Kinerja
Hasil
Waktu
Hasil
Waktu
Menciptakan Produk Baru
SDM yang berkompeten dibidangnya
Jumlah dan kualifikasi SDM
3
10
2 bulan
10
2 bulan
100%
295/3 = 98.3%
Tersedia
nya anggaran
Berapa dana yang dibutuhkan
100 M
170 M
2,5 tahun
170 M
3 tahun
95%
Proses Pemasaran
Jumlah pemasaran/berapa kali
0
7 kali
1 bulan
7 kali
1 bulan
100%
Meningkatnya Pangsa Pasar
SDM yang berkompeten dibidangnya
Jumlah dan kualifikasi SDM
5
25
4 bulan
25
5 bulan
90%
280/3 = 93.3%
Target Market
Kelaster
0
Semua Kalangan
1 bulan
Semua Kalangan
1 bulan
100%
Market Share
Jumlah (Negara)
Psr. Asia
Pasar Asia Pasifik
2 tahun
Pasar Asia Pasifik
3 tahun
90%


2.      Berikan Analisa SWOT Coca-cola Company. Berikan Strategi Coca cola waktu memasuki Pasar Indonesia.

Jawab :

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

ANALISIS SWOT Perusahaan Coca-Cola
Quesioner internal Factor Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)
No
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1
Brand Image yang sudah
4
0.21
3
0.63

dikenal masyarakat luas.
2
Ramuan rahasia yang tidak
4
0.21
3
0.63

dimiliki produk lain.
3
Memilik Sumber Daya
4
0.21
3
0.63

Manusia yang besar dan

terlatih.
4
Pelayanan terhadap pelanggan
3
0.16
2
0.32

dan konsumen
5
Perkembangan inovasi secara
terus-menerus.
4
0.21
3
0.63
Total
19
1.00
14.00
2.84

Ukuran Pembobotan :                                                   Ukuran Rating Kekuatan :
1 = Sedikit Penting                                                        1 = Sedikit Kuat
2 = Agak Penting                                                           2 = Agak Kuat
3 = Penting                                                                    3 = Kuat
4 = Sangat Penting                                                       4 = Sangat Kuat

Quesioner internal Factor Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weakness)
No
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1
Coca-cola Company tidak
3
0.3
3
0.9

menghasilkan produk

organik.
2
Sebagian perusahaan
3
0.3
3
0.9

beverage lainnya mempunyai

kontrak ekslusif seperti

dengan Pepsi Company.
3
Soft drinks tidak baik untuk
4
0.4
3
1.2

kesehatan.
Total
10
1.00
9.00
3.00

            Ukuran Pembobotan :                                                          Ukuran Rating Kelemahan :
1 = Sedikit Penting                                                           1 = Sedikit Lemah
2 = Agak Penting                                                             2 = Agak Lemah
3 = Penting                                                                       3 = Lemah
4 = Sangat Penting                                                         4 = Sangat Lemah

Quesioner internal Factor Strategi Untuk Mengetahui Peluang (Opportunity)
No
Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1
Semakin meningkatnya
3
0.27
3
0.81

pendapatan disposabel,

penjualan Coca-Cola akan

meningkat.
2
Minuman ringan mudah
4
0.36
3
1.08

sekali diperoleh di berbagai tempat.
3
Bahan pendukung utama
Coca-cola mudah diganti
dengan bahan lain yang mudah didapat.
4
0.36
3
0.81
Total
11
1
9
2.7

Ukuran Pembobotan :                                                           Ukuran Rating Peluang :
1 = Sedikit Penting                                                                1 = Sedikit Berpeluang
2 = Agak Penting                                                                   2 = Agak Berpeluang
3 = Penting                                                                             3 = Berpeluang
4 = Sangat Penting                                                                 4 = Sangat Berpeluang

Quesioner internal Factor Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threats)
No.    Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
1
           Coca-Cola mendapat
4
0.57
3
1.71

           persaingan yang kuat dari

           Pepsi
2
           Peningkatan biaya per unit
3
0.43
3
1.29

           akibat keterbatasan bahan  
           baku.
Total
7
1
6
3

Ukuran Pembobotan :                                                           Ukuran Rating Ancaman :
1 = Sedikit Penting                                                              1 = Sedikit Mengancaman
2 = Agak Penting                                                                2 = Agak Mengancaman
3 = Penting                                                                          3 = Mengancaman
4 = Sangat Penting                                                              4 = Sangat Mengancam

Analisis Matrik SWOT
Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas,  hasilnya dapat  dirangkum  sebagai berikut:
1. Skor Total Kekuatan    = 2,84
2. Skor Total Kelemahan = – 3,0
3. Skor Total Peluang      = 2,7
4. Skor Total Ancaman    = -3,00
Dari hasil perhitungan di atas, di dalam perhitungan strateginya  memerlukan penegasan dari adanya posisi dalam salib sumbu yaitu antara kekuatan dan kelemahan, maupun peluang dan ancaman yang kesemuanya digambarkan dalam garis-garis positif dan negatif. Hal ini mengakibatkan, skor total kekuatan tetap 2,84, skor total kelemahan menjadi –3,0 sedangkan skor total peluang 2,7, dan skor total  ancaman menjadi –3,00.
Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang sedikit lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi PT. Coca-Cola Company Tbk berada pada kwadran 1 yang berarti pada  posisi PERTUMBUHAN, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern PT. Coca-Cola Company Tbk yang KUAT, dengan lingkungan  yang  sedikit MENGANCAM.
Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
•Koordinat  Analisis  Internal
(Skor  total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) : 2 = ( 2,84 – 3,0 ) : 2 = -0, 08
•Koordinat  Analisis Eksternal
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman) : 2 = (2,7 – 3,00) : 2 = -0,15
•Jadi  titik koordinatnya terletak  pada (-0,08 ; -0,15)
berikutnya, hasil koordinat tersebut disajikan pada diagram matrik swot untuk mengetahui posisi perusahaan
Description: SWOT
Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut(X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran  III.
Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :
Kuadran
Posisi titik
Luas matrik
Ranking
Prioritas Strategi
I
( 2.84 ; 3.0 )
8.52
2
Growth
II
( 3.0 ; 2.7 )
8.1
4
Stabilitas
III
( 3.0 ; 3.0 )
9.0
1
Penciutan
IV
( 2.84 ; 3.0 )
8.52
3
Kombinasi







Keterangan :
  • Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
  • Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
  • Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
  • Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.

Strategi Bisnis Unit

Tahapan berikutnya adalah menentukan alternatif strategi bisnis unit berdasarkan letak posisi kuadran. berdasarkan pada diagram matrik swot diatas, PT. Coca-Cola Company Tbk terletak pada posisi Kuadran III.  Posisi PT. Coca-Cola Company Tbk terletak pada kuadran III dan menggunakan strategi umum Diversifikasi Horisontal, yaitu Jaringan industri yang ada dapat digunakan untuk    memasarkan produk baru ke pelanggan yang ada.


3.      Bagaimanakah segmenting dari Coca-cola Company dipasar Global dan di Indonesia?

Jawab :
Segmenting dari Coca-cola Company di pasar Global dan di Indonesia       :

Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
·         Segmentasi Geografis
Segmentasi geografi merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota, dan kepulauan.
Coca-Cola memasarkan produk minuman dengan merk tertentu hanya dijual di Jepang, yaitu Sokembicha (nonkarbonat, ginseng dan teh), Lactia (milk fermentasi), dsb.
·         Segmentasi psikografi
Segmentasi psikografi mengelompokkan pasar dalam variable gaya hidup,  nilai dan kepribadian. Gaya hidup ditunjukkan oleh orang-orang menonjol dari pada kelas sosial. Minat terhadap suatu produk dipengaruhi oleh gaya hidup, maka barang yang dibeli oleh orang-orang tersebut untuk menunjukkan gaya hidupnya.
Coca-Cola memiliki variasi jenis yang berbeda. Coca-Cola membuat minuman berjenis Coca-Cola Zero yang diproduksi tanpa gula, sehingga rendah kalori. Minuman jenis ini diperuntukan untuk konsumen dengan gaya hidup sehat.

·         Segmentasi demografi
Segmentasi demografi adalah pasar dikelompokkanberdasarkan variabel-variabel pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, usia, ukuran keluarga,  siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan dan kelas sosial.
Segmentasi Coca-Cola, yaitu remaja, baik untuk jenis kelamin laki-laki maupun perempuan. CocaCola membidik remaja dengan usia 15 – 21 tahun. Iklan Coca-Cola yang berjudul “Cihuahua”, buatan McCann-Erickson Madrid ini memenangkan penghargaan Silver pada Euro Effie 2004.

Menurut Tingkatnya  :
·         Pemasaran massal (mass marketing).
Merupakan pemasaran yang dilakukan terhadap satu jenis produk yang diproduksi secara besar-besaran, didistribusikan secara besar-besaran, dan dipromosikan secara besar-besaran. Pertimbangan utama dari pemasaran massal adalah rendahnya harga pokok dan harga jual sehingga diharapkan dapat tercipta pasar potensial yang besar. Coca Cola pada awalnya menempuh model pemasaran massal ini.
·         Pemasaran aneka produk (product differentiated marketing)

Merupakan pemasaran yang dilakukan terhadap dua atau lebih produk dari satu lini produk yang sama yang masing-masing produk berlainan dalam model, ukuran, kualitas dan yang lainnya. Pada perkembangannya Coca Cola membuat diferensiasi produk dengan kemasan dan ukuran yang berbeda untuk pelanggan yang sama.

·         Pemasaran sasaran (target marketing)
 Merupakan pemasaran yang dilakukan pada pasar sasaran bagi sebuah produk yang memang dirancang khusus untuk pelanggan dari pasar itu. Awalnya pasar dipisahkan dalam beberapa segmen, produsen memilih satu atau lebih segmen yang akan dijadikan sebagai pasar sasaran. Produsen kemudian memproduksi barang dan mengembangkan semua bauran pemasaran yang dirancang khusus untuk masing-masing segmen yang dibidik. Coca Cola memproduksi Fanta kuning bagi konsumen Indonesia yang menyukai jeruk.

4.      Bagaimanakah Strategi Pemasaran Coca-cola Terhadap Situasi Pasar Lokal- Saluran Distribusi Apakah yang digunakan coca-cola? Promosi apakah yang digunakan Coca-cola?
Jawab :
Strategi Pemasaran Coca-cola Terhadap Situasi Pasar Lokal :
Coca-Cola memiliki beberapa program untuk mendukung penjualan dan pemasaran produk-produknya. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, yaitu :

- Program Promosi
Mereka mempunyai program promosi yang beragam, yang tidak hanya untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran, tetapi juga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk.

- Layanan Konsumen
Di Coca-Cola, Customer Service System (CSS), sistem pelayanan pelanggan, didesain untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secara terus-menerus terhadap produk-produk Coca-Cola dengan menyediakan pelayanan yang optimal kepada seluruh pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing.

- Area Marketing Contractor
Terbatasnya sumberdaya dan kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu, sekaligus komitmen untuk menciptakan peluang kerja yang luas di sektor informal, mendorong Coca-Cola untuk secara serius dan berkesinambungan mengembangkan jaringan Distribusi Tak Langsung (Indirect Distribution) berbasis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. Sistem Distribusi ini mengandalkan dua kelompok usaha kecil dan menengah yang terbagi dalam dua kelompok besar: Area Marketing Contractor (AMC) dan Street Vending.

- Layanan Produk Pendingin
Riset membuktikan bahwa 90% konsumen Coca-Cola ebih menyukai membeli produk dalam keadaan dingin. Hal ini menunjukkan bahwa peranan Cold Drink Equipment (peralatan pendingin) sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan dan mendorong tingkat keuntungan para pelanggan.

-HoReCa
Dengan bekerjasama dengan berbagai Hotel, Restaurant, dan Café ternama, Coca-Cola memberikan beragam penawaran menarik melalui program HoReCa ini.

Saluran Distribusi yang digunakan coca-cola
·         Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen
·         Produsen – Agen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
Sebagian besar produk-produk Coca-Cola didistribusikan melalui lebih dari 120 pusat penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia. Produk-produk tersebut diangkut ke pusat-pusat penjualan tersebut oleh armada truk berukuran besar dan kemudian didistribusikan ke pedagang-pedagang eceran oleh kendaraan Distribusi yang lebih kecil. Apabila truk-truk penjualan tersebut ditempatkan berderet, maka akan bisa sepanjang lebih kurang 17 km. Hal inilah yang membuat perusahaan Coca-Cola sebagai salah satu perusahaan distribusi terbesar di Indonesia. Diperkirakan lebih dari 80% produk-produk Coca-Cola dijual melalui para pengecer dan grosir dimana 90% diantaranya termasuk dalam kategori pengusaha usaha kecil, dan mereka mempekerjakan kurang dari lima karyawan dengan omset penjualan per tahun kurang dari Rp. 1 milyar. Tim penjualan dan tim divisi khusus Coca-Cola yang sangat besar tidak saja menjual produk-produk kepada para pelanggan, tetapi mereka juga memberikan saran bagaimana sebaiknya mereka menjual produk-produk Coca-Cola dan juga melakukan pemetaan terhadap area-area baru yang akan dipetakan secara digital dalam sistem informasi PT. Coca-Cola. Supervisor penjualan juga teratur mengunjungi para pelanggan dan memberikan bimbingan, serta menampung masukan yang disampaikan para pelanggan.

Promosi yang digunakan Coca-cola :
Personal selling
Dalam promosinya, dibuka sistem tanya jawab langsung untuk menjaga kepercayaan masyarakat melalui website resminya di www.cocacola-bottling.co.id lewat bagian mitos atau fakta di website tersebut. Didalamnya juga dijelaskan mengenai penjagaan mutu dari Coca Cola itu sendiri melalui bagian Virtual Plant Tour. Di sana dijelaskan mulai dari pembuatan sampai penyimpanan hingga ada di tangan konsumen.
Mass selling
Selain itu juga didukung dengan berbagai mass selling iklan yang marak di berbagai media seperti televisi, radio, serta outdoor print ad. Ide-ide yang dikeluarkan dalam iklan Coca Cola tergolong unik, kreatif serta memiliki timing yang tepat. Dalam pembuatan iklannya, Coca Cola bekerjasama dengan agensi iklan McCann Ericksonn. Iklan terakhir yang dikeluarkan Coca Cola mempunyai big idea Piala Dunia yang sedang marak menunjukan timing yang tepat dari iklan Coca Cola.
Publisitas
Lewat hubungan masyarakatnya, Coca Cola memberikan pengembangan industri kecil di Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat, dan saart ini telah memberikan pelayanan kepada lebih dari 320 orang pengusaha mikro dan terus berkembang. Selain itu, Coca cola mengembangkan indirect distribution berbasis UKM yang merupakan kerjasama dengan pengusaha mikro dan street vending untuk melayani area yang memiliki tingkat lalu lintas konsumen yang tinggi dalam bentuk kios berjalan, kereta dorong dan rombong.
Sales promotion
Sales promotion dilakukan antara lain melalui program hadiah di balik tutup botol di akhir tahun 2009 dengan tema “Buka Coca-Cola, Buka Kesempatan Semangat Baru Di Balik Tutup Botol Coca-Cola” dengan hadiah tabungan senilai Rp 2 juta untuk 20000 pemenang, dan jutaan botol minum gratis. Yang lain misalnya pada tanggal 7 Januari 2007 di Plaza Barat Senayan Jakarta dilakukan pelepasan balon yang telah diisi berbagi impian dan cita-cita. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara PositiFIESTA yang diselenggarakan Coca Cola Indonesia sekaligus peluncuran slogan baru saat itu yaitu “Hidup ala Coca Cola”. Selain itu juga dengan bekerja sama dengan restoran semisal Mc’Donalds, Domino Pizza dan sebagainya melalui program HoReCa (hotel, restaurant dan café).

5.      Apakah menurut kelompok anda Coca-Cola akan bertahan di pasar Indonesia 10 tahun kedepan? Jelaskan jawaban anda dan berikan alasannya.
Jawab  :
Ya,

Karena berdasarkan jejak rekam perusahaan coca-cola termasuk dari sisi SDM, risiko lingkungan, tata kelola dan lain-lain juga strategi yang digunakan Coca-cola dalam memasarkan produknya adalah termasuk perusahaan yang dapat bertahan lebih lama lagi, cocacola juga termasuk dalam Daftar 100 Perusahaan yang akan Bertahan 100 Tahun Lagi Versi Corporate Knights.

Sumber           : http://finance.detik.com/read/2009/01/29/141600/1076219/4/daftar-100-perusahaan-yang-akan-bertahan-100-tahun-lagi





Comments

Popular Posts